Quiz 1

I. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang teknologi Input/Output

  • Dvorak (No. 1)


Dvorak adalah tata letak susunan tombol-tombol pada keyboard yang di perkenalkan oleh August Dvorak dan William Dealay pada tahun 1936. Keyboard Dvorak ini di rancang dengan penekanan pada kenyamanan pengetik, produktivitas yang tinggi dan keyboard ini sangat mudah di gunakan untuk belajar.

  • Qwerty (No. 1)

Qwerty adalah tata letak susunan tombol-tombol pada keyboard. Keyboard ini pertama kali di gunakan pada mesin ketik oleh E.Remington pada tahun 1874. Lalu mengapa susunan tombol-tombol pada keyboard ini di sebut qwerty ? karena susunan tombol huruf Q,W,,E,R,T dan Y berada secara berurutan dalam baris paling atas seperti yang bisa anda lihat pada keyboard anda. Dan keyboard qwerty ini adalah keyboard yang biasa di gunakan pada komputer-komputer saat ini.
  • OCR (No. 2)
OCR atau Optical Character Recognition adalah sebuah teknologi seperti scanner yang dimana kita bisa mengedit teks dan menampilkan atau mencetak salinan bebas dari file yang kita inginkan dan juga untuk mengkonversi sebuah catatan dari file-file dokumen. 

  • DMR (No. 2)
DMR atau Digitak Mark Reader adalah sebuah teknologi scanner yang biasa digunakan untuk pemeriksaan dokumen ujian, kuisioner dan entri data. DMR pun terbagai menjadi dua, yaitu DMR Editor (untuk membuat LJK) dan DMR Extractor (untuk memproses LJK).

  • OpScan (No. 2)
OpScan adalah sebuah teknologi seperti DMR yang dimana bisa men-scan data sebuah LJK yang sudah diisi sesuai dengan warna LJK yang digunakan pada opscan tersebut. 

  • OMR (No. 3)
OMR singkatan dari Optical Mark Recognition adalah sebuah perangkat lunak (software) yang memproses data melalui pantulan cahaya dengan menggunakan alat pemindai (scanner). OMR biasa di gunakan untuk memproses data lembar jawaban kertas yang biasa digunakan untuk tes seperti pada ujian nasional.

  • MICR (No. 4)
MICR singkatan dari Magnetic Ink Character Recognition adalah teknologi untuk memfasilitasi pemroresan cek dan membentuk nomor routing dan nomor rekening di bawah cek. Teknologi ini biasa di gunakan oleh industri perbankan. Teknologi ini dibuat untuk memungkinkan komputer untuk membaca informasi (nomor rekening) dari dokumen di cetak. Teknologi MICR ini dibuat khusus dalam tiprogafi khusus dan tinta magnetik atau toner, yang biasanya mengandung oksidasi besi.

  • RFID (No. 5)
RFID atau juga Radio Frequency Identification adalah sebuah metode identifikasi yang mana bisa digunakan untuk meyimpan atau menerima data secara jarak jauh dengan menggunakan suatu piranti yang bernama RFID tag atau juga transponder. RFID tag adalah sebuah benda kecil atau stiker adesif yang terdiri dari mikrochip dan antena dan dapat di tempelkan pada suatu benda atau produk atau bahkan manusia dengan tujuan untuk mengidentifikasi menggunakan gelombang radio.

  • ASR (No. 6)
ASR atau Automatic Send and Receive adalah Suatu teknologi kemampuan peralatan untuk menerima dan mengirim data tanpa bantuan manusia
  • CCD (No. 7)
CCD atau Charge-Coupled Device adalah sebuah sensor untuk merekam gambar, terdiri dari sirkuit terintegrasi berisi larikan kondensator yang berhubungan atau berpasangan dan setiap kondensator dapat menyalurkan muatan listriknya ke kondensator lainya.

  • CGA (No. 8)
CGA atau Color Graphics Adapter adalah kartu grafik berwarna yang pertama kali di keluarkan oleh IBM pada tahun 1981 sebagai standar tampilan komputer pertama untuk IBM PC. CGA ini hanya terdiri dari 4 warna dan kartu grafik ini di lengkapi memori video sebanyak 16kb (kapasitas yg sangat sedikit).
  • EGA (No. 8)
EGA atau Enhanced Graphics Adapter sama seperti CGA tadi namun EGA ini memiliki warna yg lebih banyak yaitu 16 warna. EGA ini muncul 3 tahun setelah keluarnya CGA yaitu pada tahun 1984.
  • VGA (No. 8)
VGA atau Video Graphics Adapter adalah standar tampilan komputer analog yang pertama kali di keluarkan oleh IBM pda tahun 1987. VGA ini berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor atau juga untuk menerjemahkan output komputer ke monitor.
  • XGA (No. 8)
XGA atau Extenced Graphics Array adalah resolusi grafis standar tertinggi yang di perkenalkan IBM pada tahun 1990. XGA ini merupakan spesifikasi layar yang mampu menampilkan resolusi 1024x768 dan dengan XGA ini memungkinkan monitor untuk menjadi non-interlaced.
  • SXGA (No. 8)
SXGA atau Super Extenced Graphics Array adalah sama seperti XGA namun spesifikasi SXGA dapat menampilkan resolusi 1280x1024 atau sekitar 1,3 juta pixel.
  • UXGA (No. 8)
UXGA atau Ultra Extenced Graphics Array sama seperti XGA dan SXGA namun spesifikasinya lebih besar yaitu dapat menampilkan resolusi 1600x1200 atau sekitar 1,9 juta pixel.

  • Omnidirecional (No. 9)
Omnidirecional adalah sistem antena yang memancarkan kekuasaan seragam dalam satu pesawat dengan bentuk pola patokan dalam bidang tegak lurus dan memancarkan gelombang ke segala arah. Antena omnidirecional ini biasa digunakan untuk koneksi telepon seluler dan siaran tv juga wifi.

  • Unidirecional (No. 9)
antena yang pola radiasi pancaranya terarah sehingga efektifitas pancaran radio hanya ke satu arah secara efektif.

  • Noise Canceling (No. 9)
Suatu teknologi untuk meredam atau meminimaliskan suara atau kebisingan pada saat pengoperasian.

  • Echo Caceling (No. 9)
Adalah teknologi yang digunakan untuk mengurangi jumlah dari menggema yang dapat terjadi selama berbagai jenis komunikasi radio.

  • THX (No. 10)
THX adalah sebuah sitem audio video yang dapat menghasilkan kualitas video yang sangat baik.

  • DDS (No. 10)
DDS atau Direct Digital Syntheiszer teknologi yang dapat menghasilkan suara surround digital. Teknologi ini dipakai dalam proses pembuatan dan pembentukan data audio untuk film-film dalam bioskop ataupun film-film dalam kepingan CD/DVD.

  • Dts (No. 10)
Dts adalah sebuah produk perusahaan yang bergerak dalam bidang audio dan memformat audio untuk Blue-Ray. Dan memproduksi perangkat-perangkat agar dapat memutar Blue-Ray disc.

  • Pasive Matrix (No. 11)
Teknologi untuk tampilan warna dan teknologi ini menggunakan kawat yang tersusun horizontal dan vertikal untuk memberi daya pixel. Tetapi tampilan yang memakai teknologi ini tampilan pada layarnya kurang optimal dan kurang terang, biasanya teknologi ini dipakai pada layar handphone.

  • Active Matrix (No. 11)
Pemanfaatan teknologi TFT (Thin Film Transitor) yang biasanya digunakan pada notebook. Layar TFT menggunakan dan menempatkan transistor ditiap pixel pada layar sehingga mampu dinyalakan dan dimatikan secara individual. Dan mendapat gambar kualitas yang baik.

  • Dotmatrix (No. 12)
Teknologi pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah dan menggunakan pita, disamping itu kualitas gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan dan mempunyai satu warna yaitu warna hitam. Teknologi pencetak ini masih sering digunakan di kasir supermarket.

  • Bublejet (No. 12)
Bublejet adalah sebuah jenis printer yang sistem kerjanya mencetak tulisan dengan cara memasukan satu demi satu titik tinta cair ke area tulisan atau gambar. 

  • Deskjet (No. 12)
Deskjet adalah nama merek untuk printer inkjet. Kelebihan deskjet ini adalah mampu mencetak tiga halaman per-menit.

  • Impact (No. 12)
Printer yang menggunakan sistem head yang berbentuk pin atau jarum, namun susunan jarumnya berdekatan sehingga menghasilkan cetakan yang lebih halus. 

  • Ink-jet (No. 12)
Ink-jet adalah jenis printer komputer yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus tetapi hasil cetakan lebih lama keringnya dibandingkan printer laser.

  • Laser (No. 12)
Merupakan printer yang menggunakan teknologi laser untuk mencetak. Dan daya cetak printer yang menggunakan laser ini cukup banyak yaitu 10 lembar per-menit dan kualitas nya hasilnya pun sangat mirip dengan aslinya, selain itu hasil cetakan printer cepa kering.
  • LCD (No. 13)
LCD (Liquid Crystal Display) adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menampilkan huruf, gambar, angka atau simbol-simbol tertentu.
  • EL (No. 13)
EL atau Electroluminescent adalah teknologi pada monitor dimana mengandung bahan yang bercahaya dan dialiri oleh listrik. 
  • Plasma (No.13)
Adalah salah satu alternatif teknologi, untuk menampilkan gambar berwarna. Dan teknologi plasma memberi muatan kepada kantung-kantung yang berisi gas neon dan xeon yang berada diantara dua panel gas.
  • CRT (No. 13)
CRT (Cathode Ray-Tube) adalah layar monitor yang memakai tabung gambar dengan kualitas gambar lebih rendah dari LCD. CRT ini biasa digunakan pada televisi ataupun komputer waktu dahulu.

II. Jelaskan apa yang anda pahami tentang teknologi prosesor
  • SSE (No. 1)
SSE (Streamin SIMD Extension) adalah pengembangan dan penyempurnaan dari teknologi MMX merupakan set pengembangan yang lebih besar dari instruksi SIMD (Single Instruction Multiple Data).
  • SSE2 (No. 1)
SSE2 adalah suatu teknologi intel pengembangan lanjutan dari SSE. Dan teknologi mempunyai kualitas yang sangat bagus dibandingkan dengan SSE. Teknologi SSE2 ini memiliki 144 perintah dibandingkan dengan SSE yang hanya mempunyai 70 perintah.
  • SSE3 (No. 1)
SSE3 ini adalah pengembangan lebih lanjut dari SSE2, SSE3 ini memiliki 13 perintah lebih banyak dari pada SSE2. Teknologi SSE3 ini diberi nama sandi Prescott New Instruction (PNI), pertama kali di perkenalkan dan diterapkan pada revisi processor Prescott (golongan pentium4).

  • 3DNow! (No. 2)
3DNow adalah nama sebuah teknologi yang dibuat oleh AMD yang berfungsi untuk memperbaiki aspek operasi multimedia, yang akan dipakai pada prosesor produksinya. 3DNow di desain untuk meningkatkan kemampuan CPU dalam pengolahan/pemrosesan vektor yang diperlukan untuk aplikasi grafik secara intensif.

  • NXbit (No. 3)
Teknologi yang digunakan oleh prosesor untuk memisahkan sebagian area memori untuk tempat penyimpanan lain, misalnya tempat penyimpanan data. Bagian memori ini diberi tanda (atribut NX) yang berarti hanya dapat digunakan untuk penyimpanan data. Dan dengan adanya teknologi NXbit , aktivitas virus malware pun dapat di cegah.
  • PowerNow! (No. 4)
Adalah teknologi yang digunakan oleh AMD untuk mengurangi kecepatan kerja prosesor, dalam upaya menghemat energi (power). Teknologi ini biasanya diaplikasikan pada prosesor mobile yang biasa digunakan untuk laptop. 
  • Cool'n'Quiet (No. 5)
Dengan adanya teknologi ini memungkinkan penggunaan power yang efektif dan sistem yang lebih hening saat menggunakan kinerja sesuai dengan kebutuhan,
  • Hyper-Threading (No. 6)
Adalah teknologi yang menggunakan lebih dari satu jalur, Thread dalam sebuah prosesor sehingga mempercepat pemrosesan data, karena seolah-olah sistem dikerjakan oleh lebih dari satu prosesor.
  • Dual-Core (No. 7)
Adalah penggunaan dua buah inti (core) prosesor dalam sebuah prosesor konvensional. Dual core ini ditempakan pada sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap core ini tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clockspeed yang sama, tetapi semua proses perhitungan dibagi kepada 2 prosesor ini.
  • Speed Step (No. 8)
Speed Step merupakan teknologi yang memungkinkan sebuah prosesor dapat diubah clock speed-nya. Hal ini memungkinkan prosesor untuk memnuhi kebutuhan kinerja sesaat dari operasi yang dilakukan, sambil meminimalkan atau menarik listrik dan disipasi panas.
  • Hyper Transport (No. 9)
Adalah sebuah saluran komunikasi dua arah (birecditional) yang dapat mentransmisikan data secara serial atau pararel serta memiliki kecepatan tinggi untuk mentransmisikan data.
  • MMX (No. 10)
MMX merupakan sebuah perluasan instruksi mikroprosesor yang membantu proses perhitungan pada beberapa aplikasi.




III. Jelaskan type BUS pada personal komputer dibawah ini

  • ISA (No. 1)
ISA adalah teknologi antarmuka untuk menghubungkan perangkat komputer. Perangkat komputer yang biasa menggunakan ISA adalah motherboard dan soundcard. Tetapi penggunaan ISA pada saat ini sudah jarang dipakai atau bahkan akan tidak dipakai sama sekali.
  • EISA (No. 2)
EISA atau Extended Industry Standard Architecture adalah arsitektur standar yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan komputer (Compaq, AST, Zenith dll) untuk standarisasi operasinya adalah 32bit.
  • VL-BUS (No. 3)
Vesa Local BUS merupakan jalur yang dibuat untuk menyesuaikan kecepatan mikroposesor didalam komputer.
  • PCI (No. 4)
Peripheral Component Interconnect atau PCI adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. 
  • AGP (No. 5)
Accelerated Graphics Port atau AGP adalah sebuah bus yang di khususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan.
  • FireWire (No. 6)
FireWire adalah merek dagang Apple sekaligus nama yang paling populer untuk standar kabel data antarmuka. Jenis kabel data ini mampu mengirim data dengan kecepatan yang sangat cepat, dengan rata-rata 400 megabit per-detik (Mbps). FireWire pun diklaim sebagai saluran penghantar data yang paling cepat dan stabil diantara saluran lain seperti USB.
  • USB (No. 7)
Universal Serial Bus adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan diperalatan lainya seperti konsol, permainan, ponsel dan PDA.
  • PCI-Express (No. 8)
Adalah slot ekspensi module yang didesain untuk menggantikan PCI bus yang lama. Saat ini banyak motherboard yang menggunakan PCI-Express dikarenakan memiliki transfer data yang cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D.

    IV. Jelaskan teknologi Komputer
    • Komputasi awan (No. 1)
    Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet.
    • Computer Hijau (No. 2)
    Computer Hijau adalah komputer yang ingin mengurangi timah pada komponen yang ada didalam komputer.
    • Komputasi Kuantum (No. 3)
    Adalah alat hitung yang menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum, misalnya superposis dan keterkaitan, untuk melakukan operasi data. Kalau dalam komputasi klasik jumlah data dihitung dengan bit, namun didalam komputer kompuantum dihitung dengan qubit. Prinsip dasar Komputer kuantum adalah bahwa sifat kuantum dari partikel dapat digunakan untuk mewakili data dan struktur data. Untuk mengembangkan komputer dengan sistem kuantum diperlukan suatu logika baru yang sesuai dengan prinsip kuantum.
    • Komputasi Optik (no. 4)
    Teknologi komputer melakukan perhitungan, operasi penyimpanan data dan transisi data menggunakan cahaya, bukan listrik dari pada chip silikon komputer optik menggunakan polimerorganik seperti phthalosianin dan teknologi polydiacetylene. Optical menjanjikan upgrade besar dalam efesiensi dan kecepatan komputer serta signitifikan penyusunan pada ukuran dan biaya.
    • Komputasi DNA (No. 5)
    Komputasi DNA adalah suatu bentuk komputasi yang menggunakan DNA, biokimia dan biologi molekul, bukan berbasisi silikon seperti konvensional komputer teknologi.
    • Komputasi Pararel (No. 6)
    Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan.
    • Komputasi Vektor (No. 7)
    Komputasi pararel adalah salah satu bentuk komputasi yang menggunakan sistem gambar yang terbentu dari sejumlah garis dan kurva, sehingga kualitas gambar yang akan ditampilkan akan terlihat bagus dan tidak pecah-pecah membentuk titik.

      V. Jelakan teknologi port I/O dibawah ini
      • COM (No. 1)
      Communication Port suatu alat yang dapat digunakan untuk menghubungkan atau mentransfer data secara serial.
      • Pararel (No. 2)
      Salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Cara ini umumnya digunakan untuk memproses data yang sangat besar yang biasa digunakan di industri keuangan.
      • USB (No. 3)
      USB atau Universal Serial Bus adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan peralatan lainya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA.
      • SCSI (No. 4)
      SCSI atau Small Computer System Interface adalah sebuah antarmuka bus berkinerja tinggi. Antarmuka ini digunakan untuk menangani perangkat input/output atau perangkat media penyimpanan. Perangkat yang umum menggunakan SCSI adalah hard disk, CD-Room, Scanner atau juga printer.
      • Infrared (No. 5)
      Adalah sinar elektromagnet yang panjang gelombangnya lebih dari cahaya nampak. Sinar infrared merupakan cahaya yang tidak nampak. Jadi dengan menggunakan sinar infrared ini kita dapat melihat keadaan disekililing kita di tempat yang gelap.
      • Serial (No. 6)
      Komunikasi serial merupakan komunikasi data dengan pengiriman data secara satu persatu dengan menggunakan satu jalur kabel data.  Sehingga komunikasi serial hanya menggunakan 2 buah kabel data yaitu transmit (mengirim) dan receive (menerima).
      • HDMI (No. 7)
      HDMI adalah sebuah interface yang menbundle input video dan dan audio sekaligus. Kalo dilihat secara fisik, ia hanya memiliki satu colokan yang didalamnya terdapat banyak koneksi. Dan fungsi HDMI adalah untuk menyampaikan data dari mesin penghasil video atau audio ke media lain yang di desain untuk menerimanya.
      • 1394 (No. 8)
      IEE 1394 adalah standar koneksi internasional, yakni interface digital antara komputer dan barang elektronik rumah tangga digital. Misalnya, teknologi itu membuat transmisi data video, dari kamera digital ke komputer secara cepat.

      VI. Apa yang anda pahami tentang teknologi slot expansion
      • VGA Card (No. 1)
      VGA atau Video Graphic Adapter berfungsi untuk mengolah data graphic dan ditampilkan di ayar monitor, VGA juga memiliki prosesor yang dinamakan GPU  (Graphic Prosesing Unit) dan membutuhkan memory juga.
      • Sound Card (No. 2)
      Adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Dan sound card ini wajib dimiliki di setiap komputer.
      • LAN Card (No. 3)
      LAN Card merupakan penghubung antara satu komputer dengan komputer lainya dengan menggunakan sebuah kabel untuk mengirim dan menerima data dari komputer satu ke komputer lainya.
      • Multimedia Card (No. 4)
      Suatu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja untuk multimedia.
      • TV Card (No. 5)
      TV Card adalah perangkat komputer yang bisa membuat komputer untuk memproses sinyal televisi untuk ditampilkan di layar monitor.
      • FM Card (No. 6)
      FM Card adalah perangkat komputer yang bisa memproses sinyal radio untuk menjadi suara karena sprektum gelombang radio menggunakan frekuensi.
      • Game Card (No. 7)
      Kartu untuk bermain game. 
      • Modem Card (No. 8)
      Modem adalah alat komunikasi dua arah yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.



      • Sumber:
      www.google.com
      www.wikipedia.org
      www.digitalmarkreader.com
      www.ilmuti.com

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar